Warisan yang Dijanjikan - Efesus 1:11-14


"Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan — kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya — supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya." (Efesus 1:11-14)

Pernahkah Anda berpikir tentang warisan terbesar yang bisa Anda terima dalam hidup ini? Warisan yang tidak hanya berupa harta duniawi, tetapi sesuatu yang kekal dan tidak ternilai? Mari kita lihat apa yang dikatakan Paulus tentang warisan kita yang dijanjikan di dalam Kristus.

Warisan dalam Kristus

Dalam ayat-ayat ini, Paulus menyatakan bahwa di dalam Kristus, kita mendapat bagian yang dijanjikan. Ini adalah warisan rohani yang telah ditentukan bagi kita sesuai dengan maksud Allah. Allah, dalam kedaulatan-Nya, telah menetapkan segala sesuatu menurut keputusan kehendak-Nya. Warisan ini bukanlah hasil usaha manusia, melainkan anugerah dari Allah yang berdaulat.

Menaruh Harapan pada Kristus

Paulus menegaskan bahwa kita yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. Harapan kita tidaklah sia-sia karena Allah yang berdaulat telah merencanakan segala sesuatu untuk kemuliaan-Nya. Dalam segala hal, Allah bekerja menurut keputusan kehendak-Nya untuk membawa kita kepada warisan yang dijanjikan ini.

Dimeteraikan dengan Roh Kudus

Ketika kita mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatan kita, dan percaya kepada-Nya, kita dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijanjikan. Roh Kudus adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Ini menunjukkan bahwa keselamatan kita dan warisan kita telah dijamin oleh Allah sendiri, dan Roh Kudus adalah tanda dari janji ini.

Kedaulatan Allah dan Kesempurnaan Rencana-Nya

Melalui bagian ini, kita melihat betapa besar kedaulatan Allah dan kesempurnaan rencana-Nya. Tidak ada satu pun dari kita yang dapat mengklaim warisan ini melalui kekuatan atau usaha sendiri. Sebaliknya, kita mendapatkannya karena keputusan kehendak Allah yang berdaulat. Dalam segala sesuatu, Allah bekerja untuk mendatangkan kemuliaan bagi nama-Nya dan untuk membawa kita kepada penebusan yang sempurna.

Refleksi dan Aplikasi

Bagian ini mengajak kita untuk merenungkan dan bersyukur atas warisan yang kita miliki di dalam Kristus. Warisan ini adalah bukti dari kasih karunia Allah yang melimpah dan rencana-Nya yang sempurna. Kita dipanggil untuk hidup sebagai puji-pujian bagi kemuliaan-Nya, dengan keyakinan penuh bahwa Allah yang berdaulat akan menyelesaikan apa yang telah Ia mulai di dalam kita.

Mari kita hidup dalam pengharapan yang kokoh akan warisan ini, mengetahui bahwa Roh Kudus yang tinggal di dalam kita adalah jaminan dari janji Allah. Biarlah hidup kita memancarkan kemuliaan Allah dan membawa pujian bagi nama-Nya.

Doa

Tuhan, terima kasih atas warisan yang telah Engkau berikan kepada kami di dalam Kristus. Kami bersyukur bahwa keselamatan kami dan warisan kami dijamin oleh Roh Kudus yang tinggal di dalam kami. Tolong kami untuk hidup sebagai puji-pujian bagi kemuliaan-Mu, dan untuk selalu mengingat bahwa semua ini adalah hasil dari kasih karunia-Mu yang melimpah. Amin.

Tidak ada komentar untuk "Warisan yang Dijanjikan - Efesus 1:11-14"